Jumat, 05 Desember 2014

Makalah Hormon Pada Otak

BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Hormon merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh suatu bagian dalam tubuh. Organ yang berperan dalam mengendalikan fungsi tubuh adalah kelenjar hipotalamus yang berada pada otak. Otak adalah organ yang luar biasa, bekerja mengkoordinasi seluruh yang terjadi didalam tubuh kita, kepribadian, metabolism, tekanan darah, emosi, hormon, ingatan. Otak bekerja lebih dari computer manapun didunia.
Didalam otak terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan hormon. Seperti kelenjar hipotalamus dan kelenjar hipofisis. Hipotalamus adalah bagian dari otak yang memiliki peran penting dalam mengendalikan fungsi tubuh banyak termasuk pelepasan hormon dari kelenjar pituitari. Hipotalamus terletak di permukaan bawah otak. Itu terletak tepat di bawah thalamus dan di atas kelenjar pituitari, yang terpasang dengan tangkai. Sedangkan Kelenjar Hipofisis atau nama lainnya adalah kelenjar pituitary merupakan kelenjar yang sebesar kelereng namun mempunyai makna fisiologis yang sangat penting bagi kelangsungan dan homeostasis tubuh manusia.
Didalam otak juga ada 2 hormon yang menghasilkan rasa kebahagiaan, yaitu hormone Dopamin dan serotonin. Pada makalah kali ini ssya akan membahas tentang hormone-hormon yang dihasilkan di otak.



B.            Rumusan Masalah
1.      Apa itu hipotalamus dan fungsi yang dihasilkan oleh kelenjar hipotalamus ?
2.      Apa fungsi dari hormone dopamin ?
3.      Apa fungsi dari hormone serotonin ?
4.      Apa itu hipofisis dan fungsi yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis ?

C.           Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian serta fungsi dari kelenjar hipotalamus
2.      Untuk mengetahui fungsi dopamine
3.      Untuk mengetahui fungsi serotonin
4.      Untuk mengetahui pengertian serta fungsi dari kelenjar hipofisis.


BAB II
PEMBAHASAN


A.           Hipotalamus
Hipotalamus adalah bagian dari otak yang memiliki peran penting dalam mengendalikan fungsi tubuh banyak termasuk pelepasan hormon dari kelenjar pituitari.Hipotalamus terletak di permukaan bawah otak. Itu terletak tepat di bawah thalamus dan di atas kelenjar pituitari, yang terpasang dengan tangkai. Ini merupakan bagian yang sangat kompleks dari otak yang mengandung banyak daerah dengan fungsi yang sangat khusus. Pada manusia, hipotalamus adalah sekitar ukuran kacang dan menyumbang kurang dari 1% dari berat otak.
Salah satu fungsi utama dari hipotalamus adalah untuk mempertahankan homeostasis, yaitu, untuk menjaga tubuh manusia tetap stabil, kondisi konstan.
Hypothalamus yang merespon berbagai sinyal dari lingkungan internal dan eksternal termasuk suhu tubuh, lapar, perasaan yang up penuh setelah makan, tekanan darah dan kadar hormon dalam sirkulasi. Hal ini juga merespon stres dan mengatur ritme tubuh kita sehari-hari seperti sekresi malam hari melatonin dari kelenjar pineal dan perubahan kortisol (hormon stres) dan suhu tubuh selama periode 24-jam. Hipotalamus mengumpulkan dan menggabungkan informasi ini dan menempatkan perubahan di tempat untuk memperbaiki ketidakseimbangan.
Meskipun hipotalamus adalah organ kecil di otak, memiliki tugas besar untuk melakukan. Ini berbentuk seperti kerucut dan terletak di atas batang otak, di bawah talamus. Bagian ini membentang ke bawah hingga bertemu dengan tangkai infundibular, yang merupakan tabung yang bergabung ke kelenjar pituitari. Secara umum, organ ini memiliki beberapa fungsi yang dipecah menjadi masing-masing dari tiga bagian.
Karena berapa hipotalamus terhubung ke beberapa daerah dari sistem saraf pusat dan otak depan limbik, harus menyesuaikan sesuai dengan sinyal yang berbeda, baik internal maupun eksternal. Rangsangan penciuman sering mempengaruhi hormon endokrin. Glucorticoids dan steroid mempengaruhi tanggapan seperti nafsu makan atau kehausan. Paparan sinar matahari adalah sinyal yang jelas, hal ini membantu mengatur siklus tidur dan bangun.
Daerah anterior hipotalamus terletak di depan dan bertanggung jawab untuk beberapa fungsi. Ini adalah bagian penting dari termoregulasi, yang merupakan pengaturan suhu tubuh. Termoregulasi dikendalikan melalui berkeringat dan terengah-engah. Tidur dan siklus sirkadian juga diatur oleh daerah anterior.
Di tengah hipotalamus, daerah tuberal ditemukan. Bagian ini bertanggung jawab atas haus dan lapar. Wilayah tuberal juga mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Pertumbuhan mengatur hormon dan produksi dopamin diatur oleh daerah ini juga.
Pada bagian belakang hipotalamus adalah daerah posterior. Peningkatan tekanan darah, menggigil, dan pelebaran pupil dikontrol oleh daerah ini. Fungsi memori juga dipengaruhi oleh daerah ini.
Ada dua set sel-sel saraf di hipotalamus yang menghasilkan hormon. Satu set mengirimkan hormon yang mereka hasilkan ke bawah melalui tangkai hipofisis ke lobus posterior kelenjar hipofisis di mana hormon ini dilepaskan langsung ke aliran darah. Hormon-hormon ini hormon anti-diuretik dan oksitosin. Hormon anti-diuretik menyebabkan reabsorpsi air di ginjal dan merangsang oksitosin kontraksi uterus saat melahirkan dan penting dalam menyusui.
Yang lain dari sel saraf menghasilkan merangsang dan menghambat hormon yang mencapai lobus anterior dari kelenjar pituitary melalui jaringan pembuluh darah yang berjalan ke bawah melalui tangkai hipofisis. Ini mengatur produksi hormon yang mengendalikan gonad, kelenjar tiroid dan korteks adrenal serta produksi hormon pertumbuhan yang mengatur pertumbuhan dan prolaktin yang penting untuk produksi susu. Hormon-hormon yang diproduksi di hipotalamus adalah corticotrophin-releasing hormone, dopamin, hormon pertumbuhan hormon-releasing, somatostatin, Gonadotropin-releasing hormone dan thyrotrophin-releasing hormon.
Secara keseluruhan, hipotalamus mengontrol berbagai fungsi tubuh yang penting. Neurohormonnya dikendalikan dan dirilis oleh organ kecil ini di otak. Melalui hormon ini, aktivitas kelenjar hipofisis dikendalikan, serta proses metabolisme sistem saraf otonom keseluruhan.
Selain hormon dan pengendalian aspek metabolisme, hipotalamus juga mengontrol dan melepaskan hormon yang mempengaruhi sistem endokrin. Hormon endokrin dikirim ke kelenjar pituitari dan memainkan peran dalam perilaku tertentu yang didasarkan pada emosi, seperti kemarahan, kecemasan atau ketakutan, dan kegiatan seksual.
Fungsi hipotalamus dapat dipengaruhi oleh trauma kepala, tumor otak, infeksi, operasi, radiasi dan kekurangan gizi. Hal ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan energi dan termoregulasi, ritme tubuh kacau, (insomnia) dan gejala defisiensi hipofisis akibat hilangnya kontrol hipotalamus. Defisiensi hipofisis (hypopituitarism) akhirnya menyebabkan defisiensi hormon yang diproduksi oleh gonad, korteks adrenal dan kelenjar tiroid serta hilangnya hormon pertumbuhan.
Kurangnya anti-diuretik produksi hormon oleh hipotalamus menyebabkan diabetes insipidus. Dalam kondisi ini ginjal tidak mampu menyerap air yang menyebabkan produksi berlebihan urin encer dan jumlah yang sangat besar minum.




B.            Dopamin
Dopamin (bahasa Inggrisdopamine, prolactin-inhibiting factor, prolactin-inhibiting hormone, prolactostatin, PIF, PIH) adalah salah satu sel kimia dalam otak berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata, sejenis neurotransmiter (zat yang menyampaikan pesan dari satu syaraf ke syaraf yang lain) dan merupakan perantara bagi biosintesis hormone adrenalin dan noradrenalin. Dopamin juga merupakan suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus.
Hormon ini diproduksi di ginjal dan hipotalamus. Dopamin diproduksi di beberapa daerah otak, termasuk nigra substantia dan daerah tegmental ventral. Dopamin juga merupakan neurohormon yang dilepaskan oleh hipotalamus.
Dopamine merupakan  hasil dari biosintesis dalam tubuh (terutama oleh jaringan saraf dan medulla kelenjar adrenal), perata oleh hidroksilasi dari asam L-amino tirosin L-dopa melalui enzi tirosin 3-monooxygenase yang juga dikenal sebagai hidroksilase tirosin, dan kemudian oleh dekarboksilasi L-dopa oleh L-aromatik asam amino dekarboksilase (yang seringa disebut sebagai dekarboksilase dopa). Dalam beberapa neuron, dopamine diproses lebih lanjut menjadi norepinefrin oleh dopamine beta hidroksilase. Dalam neuron dopamine dikemas setelah disintesis menjadi vesikula yang kemusian dilepaskan ke sinaps dalam menanggapi suatu potensial aksi presynaptic.
Dopamin memiliki banyak fungsi di otak, termasuk peran penting dalam perilaku dan kognisi, gerakan sukarela, motivasi dan penghargaan, penghambatan produksi prolaktin (yang terlibat dalam laktasi), tidur, mood, perhatian, dan belajar. Neuron dopaminergik (yaitu, neuron yang utama adalah dopamin neurotransmitter) yang hadir terutama di daerah tegmental ventral (VTA) dari otak tengah, substantia nigra pars compacta, dan inti arkuata dari hipotalamus.
Fungsi utamanya sebagai hormon ialah menghambat pelepasan prolaktin dari kelenjar hipofisis (lobus anterior hipofisis). Dopamin adalah inhibitor neuroendokrin utama dari sekresi prolaktin dari kelenjar hipofisis anterior. Dopamine sangat berperan dalam proses berpikir (cognitive). Dopamine juga berfungsi dalam memotivasi manusia. Motivasi ini bisa berguna untuk hal-hal biologis, seperti makan, hobi, dan untuk motivasi mengejar suatu tujuan tertentu. Baukan itu saja, motivasi ini juga mempengaruhi keinginan anak untuk menjadi ideal atau sempurna. Keinginan untuk memberi juga merupakan salah satu akibat dari dopamine. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.  

C.           Serotonin
Serotonin adalah nama sebutan populer untuk senyawa 5-hydroxytryptamine. Rumus kimia serotonin adalah C10H12N2O. Serotonin adalah hormon yang terdapat dalam kelenjar pinealis, saluran pencernaan, sistem syaraf pusat, dan keping darah (trombosit).
Serotonin adalah neurotransmitter. Neurotransmitter adalah zat yang menghantarkan sinyal-sinyal melintasi ruang syaraf antara sel-sel syaraf atau neuron. Ruang ini disebut synapse.
Sebagai neurotransmitter, serotonin membantu menyampaikan pesan-pesan dari satu tempat ke tempat lain dalam otak. Dari sekitar 40 juta sel otak, sebagian besar dipengaruhi secara langsung atau tidak langsung oleh serotonin. Pengaruh serotonin ini berkaitan dengan mood, hasrat seksual, fungsi seksual, nafsu makan, tidur, ingatan dan pembelajaran, pengaturan temperatur,  dan sifat-sifat sosial.
Dalam hal fungsi tubuh, serotonin juga mempengaruhi fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), otot, dan berbagai elemen dalam sistem endokrin. Serotonin juga berperan dalam produksi susu pada wanita hamil dan melahirkan. Dalam beberapa jenis sel tertentu, serotonin bertindak sebagai faktor penumbuh yang berperan dalam penyembuhan luka. Serotonin juga mempengaruhi perasaan kasih sayang.
D.           Hipofisis
Kelenjar Hipofisis atau nama lainnya adalah kelenjar pituitary merupakan kelenjar yang sebesar kelereng namun mempunyai makna fisiologis yang sangat penting bagi kelangsungan dan homeostasis tubuhmanusia. Selain itu hipofisis, terutama bagian anterior, memiliki kemampuan dalam mengatur kelenjar-kelenjar endokrin lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kelenjar ini diberi nama Master of Gland. Pituitary adalah kelenjar majemuk sekresi internal yang terletak di dalam sel tursika, yakni suatu lekukan di dalam tulang sfenoid hipopituitarisme dapat desebabkan oleh macam-macam kelainan kelamin antara lain nekrosis, hipofisis postpartura (penyakit shecan), nekrosis karena meningitis basalis, trauma tengkorak, hipertensi maligna, arteriasklerosis serebri, tumor granulema dan lain-lain.  
Kelenjar hipofisis merupakan struktur kompleks pada dasar otak, terletak dalam sela tursika,di ronggadinding tulang sphenoid. Kelenjar hipofisis manusia dewasa terdiri dari lobus posterior atau neurohipofisis sebagai lanjutan dari hipotalamus, dan lobus anterior atau adenohipofisis yang berhubungan dengan hipotalamus melalui tangkai hipofisis. Pada manusia lobus Intermedia terdapatmenyatu dengan lobus anterior. Suatu struktur vaskular, yaitu sistem portal hipotalamus-hipofisis, juga menghubungkan hipotalamusdengan bagian anterior kelenjar hipofisis.
Fungsi-Fungsi hormon Hipofisis
1.           GH (Gowth hormone) atau somatotropin mempunyai pengaruh metabolik utama, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Pada anak-anak, hormon ini diperlukan untuk pertumbuhan somatik. Pada orang dewasa berfungsi untuk mempertahankan ukuran orang dewasa normal dan juga berperan dalam pengaturan sintesis protein dan pembuangan zat makanan. GH disintesis di sel somatrotop pada kelenjar hipofisis anterior. Kerja GH yang paling dramatis adalah pada pertumbuhan otot dan tulang skelet. Kerjanya dapat dibagi menjadi kerja direk dan indirek. Merangsang sintesis protein dan metabolism lemak, serta merangsang pertumbuhan tulang (terutama tulang pipa) dan otot. Kekurangan hormone ini pada anak-anak menyebabkan pertumbuhannya terlambat/kerdil (kretinisme), jika kelebihan akan menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Jika kelebihan terjadi pada saat dewasa, akan menyebabkan pertumbuhan tidak seimbang pada tulang jari tangan, kaki, rahang, ataupun tulang hidung yang disebut akromegali.
2.           Kerja indirek hormon pertumbuhan GH bekerja pada untuk menstimulasi sintesis dan sekresi IGF-1 peptida yang menstimulasipertumbuhan. Pada sel lemak, IGF-1 menstimulasi lipolisis dan pada otot hormon ini menstimulasisintesis protein. Reseptor GH fungsional juga terdapat di tulang, menstimulasi produksi lokal IGF-1 padakondrosit proliferatif.
3.           Kerja direk hormon pertumbuhan GH bersifat diabetogenik karena kerja hormon ini berlawanan dengan insulin dan bersifat lipolitik di sellemak dan glukoneogenik di sel otot. Kadar GH normal : -setelah diberi glukosa      < 2 mU/L      -stress  > 20 mU/L
4.           MSH atau melanocortin stimulating hormone merupakan suatu unsur pokok dari propiomelanokortin.Hormon ini mengingkatkan pigmentasi kulit dan merangsang dispersi granula-granula melanin dalam melanositm.Sekresi MSH diatur oleh CRH (corticotrophin releasing hormone) dari hipotalamus dan dihambat oleh pengeluaran kortisol.
5.           Prolaktin merupakan salah satu kelompok hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan sekresi susu. Pelepasan prolaktin berada dibawah pengaruh penghambatan tonik oleh hipotalamus melaluidopamin, yang disekresi oleh sistem neuron dopaminergik tuberohipofiseal. Jika faktor-faktorpenghambat ini tidak ada maka sekresi prolaktin akan meningkat dan dapat terjadi laktasi. Thyrotropin-releasing hormone (TRH) merangsang sekresi prolaktin. Kadar prolaktin normal: 50-400 mU/L. membantu kelahiran dan memelihara sekresi susu oleh kelenjar susu.
6.           ACTH Adrenocorticotropin hormone (ADH) merangsang pertumbuhan dan fungsi korteks adrenal, merupakansuatu faktor yang sangat penting pada pengaturan produksi kortisol. CRH (corticotrophin releasinghormone) dan arginine-vasopresin (AVP) bekerja secara sinergis untuk merangsang sekresi ACTH. Kadar ACTH normal : - jam 09:00 = 10-80 ng/L. Mengontrol pertumbuhan dan perkembangan aktivitas kulit ginjal dan merangsang kelenjar adrenal untuk mensekresikan glukokortikoid (hormone yang dihasilkan untuk metabolism karbohidrat).
7.           TSH Merangsang pertumbuhan dan fungsi kelenjar thyroid. TSH menyebabkan pelepasan tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3), Kadar TSH normal : 0,3-4,0 mU/L T4, bebas : 9-26 pmol/L T3, bebas  : 3,0-8,8 pmol/L. Mengontrol pertumbuhan dan perkembangan kelenjar gondok atau tiroid serta merangsang sekresi  tiroksin.

1.      HIPOFISIS ANTERIOR (Adenohipofisis)
Merupakan kelenjar yang sangat vaskuler dengan sinus - sinus kapiler yang luas diantara sel – sel kelenjar, 0,6 gr dan diameternya sekitar 1 cm sekresi hipofisis anterior diatur oleh hormon yang dinamakan ”releasing dan inhibitory hormones (atau factor) hipotalamus” yang disekresi dalam hipotalamus sendiri dan kemudian dihantarkan kehipofisis anterior melalui pembuluh darah kecil yang dinamakan pembuluh partal hipotalamik hipofisial. Kelenjar hipofisis anterior terdiri atas beberapa jenis sel. Pada umumnya terdapat satu jenis sel untuk setiap jenis hormon yang dibentuk pada kelenjar ini, dengan teknik pewarnaan khusus berbagai jenis sel ini dapat dibedakan satu sama lain. Satu-satunya kemungkinan pengecualiannya adalah sel dari jenis yang sama mungkin menyekresi hormon iuteinisasi dan hormon perangsang folikel. Berdasarkan ciri – ciri pewarnaannya, sel-sel hipofise anterior dibedakan ke dalam 3 kelompok klasik: Kromofobik (tanpa granul), Eosinofilik, dan Basofilik. Sel-sel eosinfilik dianggap bertanggung jawab untuk sekresi ACTH, TSH, LH serta FSH.
a)      ACTH (Adrenocorticotropic Hormon) merangsang biosintesis dan pelepasan kortisol oleh korteks adrenal.
b)      Hormon perangsang tiroid / TSH (Thyroid-Stimulating Hormon : tirotropin) merangsang uptake yodida dan sintesis serta pelepasan hormon tiroid oleh kelenjar tiroid.
c)      Hormon perangsang folikel / FSH (Follicte-Stimulating Hormon) merangsang perkembangan folikel de graaf dan sekresi hormon esterogen dan ovarium serta spermatogenesis pada testis.
d)     Hormon Luteinisasi (LH) mendorong ovulasi dan luteinasi folikel yang sudah masak di dalam ovarium. Pada laki – laki hormon ini, yang dahulunya disebut hormon perangsang sel interstisialis (ICSH=Interfisial Cell Stimulating Hormon), merangsang produksi dan pelepasan testosteron oleh sel – sel leydig di testis.
e)      Prolaktrin (PRL) merangsang sekresi air susu oleh payudara ibu setelah melahirkan.
f)       Pengendalian sekresi hipofisis anterior
Sistem rangkap (dual system) yang mengendalikan sekresi hormon hipofise anterior melalui 2 mekanisme kontrol antara lain :
a)      Umpan
Balik negatif, dimana hormon dari kelenjar sasaran yang bekerja pada tingakat hipofise/hipotalamus menghambat sekresi hormon trofiknya.
b)      Pengendalian
Oleh hormon – hormon hipotalamus yang berasal dari sel-sel neuronai di dalam atau di dekat eminensia medialis dan disekresikan ke sirkulasi partai hipofise.
2.      HIPOFISIS POSTERIOR (Neurohipofisis)
Kelenjar hipofisis posterior terutama terdiri atas sel-sel glia yang disebut pituisit. Namun, pituisit ini tidak mensekresi hormon, sel ini hanya bekerja sebagai struktur penunjang bagi banyak sekali ujung-ujung serat saraf dan bagian terminal akhir serat dari jaras saraf yang berasal dari nukleus supraoptik dan nukleus paraventrikel hipotalamus. Jaras saraf ini berjalan menuju ke neurohipofisis melalui tangkai hipofisis, bagian akhir saraf ini merupakan knop bulat yang mengandung banyak granula-granula sekretonik, yang terletak pada permukaan kapiler tempat granula-granula tersebut mensekresikan hormon hipofisis posterior berikut: Hormon antidiuretik (ADH) yang juga disebut sebagai vasopresin yaitu senyawa oktapeptida yang merupakan produk utama hipofise posterior. Memainkan peranan fisiologik yang penting dalam pengaturan metabolisme air.
Hormon antidiuretik (ADH) dalam jumlah sedikit sekali, sekecil 2 nanogram, bila disuntukkan ke orang dapat menyebabkan anti diuresis yaitu penurunan ekskresi air oleh ginjal. Stimulus yang lazim menimbulkan ekskresi ADH adalah peningkatan osmolaritas plasma. Dalam keadaan normal osmolaritas plasma dipertahankan secara ketat sebesar 280 mOsm/kg plasma. Kalau terjadi kehilangan air ekstraselular, osmolaritas plasma akan meningkat shingga mengaktifkan osmoreseptor, kemudian sinyal untuk pelepasan ADH, peningkatan osmolaritas plasma juga merangsang pusat rasa haus yang secara anatomis berdekatan / berhubungan dengan nukleus supraoptikus. Kerja ADH untuk mempertahankan jumlah air tubuh terutama terjadi pada sel – sel ductus colligens ginjal. ADH mengerahkan kemampuannya yang baik untuk mengubah permeabilitas membran sel epitel sehingga meningkatkan keluarnya air dari tubulus ke dalam cairan hipertonik diruang pertibuler/interstisial. Aktifitas ADH dan rasa haus yang saling terintigritas itu sangat efektif untuk mempertahankan osmolaritas cairan tubuh dalam batas – batas yang sangat sempit.
3.      HIPOFISIS PARS INTERMEDUS
Berasal dari bagian dorsal kantong Rathke yang menjadi satu dengan hipofisis posterior. Pars intermedus mengeluarkan hormon MSH (melanocyte stimulating hormon) melanotropin =intermedian. MSH terdiri dari sub unit alfa dan sub untui beta, beta MHS lebih menentukan khasiat hormon tersebut. Pada manusia, pars intermedus sangat rudimeter sehingga pada orang dewasa tidak ada bukti bahwa MSH dihasilkan oleh bagian ini. Beta MSH memiliki struktur kimia yang mirip dengan ACTH (adrenocortico tropic hormon), sehingga ACTH memiliki khasiat seperti MSH.


BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan
Hormon adalah zat dalam tubuh  yang mengatur aktivitas sel-sel dan organ-organ tertentu. Organ yang berperan dalam mengendalikan fungsi tubuh adalah kelenjar hipotalamus yang berada pada otak.  Didalam otak terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan hormon. Seperti kelenjar hipotalamus dan kelenjar hipofisis.
Fungsi Hipotalamus dipecahkan menjadi masing-masing dari tiga bagian :
1.      Daerah anterior hipotalamus terletak di depan dan bertanggung jawab untuk beberapa fungsi yaitu pengaturan suhu tubuh, berkeringat dan terengah-engah, tidur dan siklus sirkadian.
2.      Di tengah hipotalamus, daerah tuberal ditemukan, bagian ini bertanggung jawab atas haus dan lapar juga  mengontrol tekanan darah dan denyut jantung
3.      Pada bagian belakang hipotalamus adalah daerah posterior. Fungsinya adalah   Peningkatan tekanan darah, menggigil, dan pelebaran pupil serta memori dikontrol oleh daerah.
Didalam hipotalamus terdapat beberapa hormone diantaranya hormone dopamine dan serotonin. Fungsi dari dopamine adalah menghambat pelepasan prolaktin dari kelenjar hipofisis (lobus anterior hipofisis), proses berpikir (cognitive), memotivasi manusia, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, serta keinginan untuk memberi.
Fungsi dari serotonin adalah fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), otot, dan berbagai elemen dalam sistem endokrin, produksi susu pada wanita hamil dan melahirkan, faktor penumbuh yang berperan dalam penyembuhan luka dan perasaan kasih sayang.
Fungsi-Fungsi hormon Hipofisis :
1.      GH (Gowth hormone) atau somatotropin mempunyai pengaruh metabolik utama, baik pada anak-anakmaupun pada orang dewasa Pada anak-anak, hormon ini diperlukan untuk pertumbuhan somatik. Pada orang dewasa berfungsi untuk mempertahankan ukuran orang dewasa normal dan juga berperan dalam pengaturan sintesis protein dan pembuangan zat makanan.
2.      Kerja indirek hormon pertumbuhan GH bekerja pada untuk menstimulasi sintesis dan sekresi IGF-1 peptida yang menstimulasi pertumbuhan.
3.      Kerja direk hormon pertumbuhan GH bersifat diabetogenik karena kerja hormon ini berlawanan dengan insulin dan bersifat lipolitik di sel lemak dan glukoneogenik di sel otot.
4.      MSH atau melanocortin stimulating hormone, hormon ini mengingkatkan pigmentasi kulit dan merangsang dispersi granula-granula melanin dalam melanositm
5.      Prolaktin merupakan salah satu kelompok hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan sekresi susu
6.      ACTH Adrenocorticotropin hormone (ADH) merangsang pertumbuhan dan fungsi korteks adrenal.
7.      TSH,  Merangsang pertumbuhan dan fungsi kelenjar thyroid.
Pada kelenjar hipofisis dibagi atas 3 yaitu, Hipofisis anterior, Hipofisis posterior dan Hipofisis pars intermedus.


B.            Saran 
Hormon merupakan pesan kimia yang sangat penting dalam tubuh, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui lebih dalam tentang hormon. Makalah ini dapat dijadikan bahan untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan dalam memahami hormon.


DAFTAR PUSTAKA

S.Colby. 1999. Ringkasan Biokimia Harper. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran
Sloana, ethel, .(2004) Anatomi dan Fisiologi. Jakarta : EGC
Sobbota, .(2000). Atlas Anatomi Manusia. Jakarta : EGC
Syaifuddin, .(2006). Anatomi Fisiologi untuk mahasiswa Keperawatan. Jakarta : EGC 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar